'/> Pidato Keutamaan Mencari Ilmu | Mencari Ilmu Itu Wajib Bagi Tiap-Tiap Muslim

Info Populer 2022

Pidato Keutamaan Mencari Ilmu | Mencari Ilmu Itu Wajib Bagi Tiap-Tiap Muslim

Pidato Keutamaan Mencari Ilmu | Mencari Ilmu Itu Wajib Bagi Tiap-Tiap
Muslim
Pidato Keutamaan Mencari Ilmu | Mencari Ilmu Itu Wajib Bagi Tiap-Tiap
Muslim
Pidato Mencari Ilmu itu wajib bagi tiap-tiap muslim

Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulillahilladzi an’ama ‘alaina bi ni’matil iman, wal islam. Asyahadualla ilaha illaloh,wasyhadu anna Muhammadarrosullulah. Allohuma sholi ‘ala Muhammad wa’ala ali syaidina Muhammad amma ba’du

Hadirin Ikhwatul akidah rohimakumuloh !

Seiring berjalannya waktu,hari berganti minggu,bulan berganti tahun. Perkembangan insan pun banyak mengalami perubahan yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat mutakhir. Manusia dengan gampang sanggup memenuhi kebutuhan dan mewujudkan impiannya dengan memanfaatkan kemajun ilmu pengetahuan. Dulu untuk mengirim dan memberikan informasi membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi kini hanya dengan beberapa detik saja kita sanggup memberi dan mendapatkan kabar dengan cepat dan mudah, meskipun dari jarak yang jauh. Itu semua berkat kemajuan ilmu.

Pidato Mencari Ilmu itu wajib bagi tiap-tiap muslim
 Hadirin yang dirahmati alloh.
Dalam islam sebagaimana kita tahu,bahwa ilmu sangat mempunyai kegunaan dan menentukan,seperi dalam Al-Qur’an Al-Mujadalah ayat 11:

“Bismillahirrahmanir rahiim. Yarfa’illaahul ladziina aamanuu mingkum walladziina uutul ‘ilma darojaat. Wallohu bimaa ta’maluuna khobiir”


“Alloh akan mengangkat orang-orang yang beriman dari kalian dan orang yang diberi ilmu beberapa derajat. dan alloh Maha Waspada dengan apa-apa yang kau kerjakan”.


Maksudnya : Alloh kan mengangkat derajat orang yang cerdik yang disertai dengan keimanan kepada Alloh.


Oleh alasannya yaitu itu Alloh mewajibkan untuk mencari ilmu kapanpun dan dimanapun, sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh ibnu majah :


“Tholabul ‘ilmi fariidotun ‘alaa kulli muslimin”

“Mencari Ilmu itu wajib bagi tiap-tiap muslim”

Nah,yang merasa orang islam wajib hukumnya untuk mencari ilmu dimanapun dan kapanpun. Mengapa wajib?


“Walaa taqfu maa laisa laka bihi ilmu”

“Dan janganlah kau mengerjakan Apa-apa yang tidak tahu ilmunya “.

Bisa dibayangkan oleh teman-teman, misalkan kita tidak tahu ilmu elektronik terus kita membongkar computer. Maksud hati untuk memperbaiki tapi apa yang terjadi? Malah an…cur.


Hadirin dan teman-teman, Para pencari ilmu!

Apapun cita–cita atau keinginan kita, Insya Alloh sanggup kita capai dengan mempunyai ilmunya. Sebagaimana Rasul bersabda “man aroda dunya fa’alaiha bil ilmi,waman arodal akhiro fa’alaiha bil ilmi,waman aroda huma fa’alaihim bil ilmi “Siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka sanggup di capai dengan ilmu, Siapa menghendaki kehidupan alam abadi juga dicapai dengan ilmu, dan siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan alam abadi keduanya sanggup di capai dengan ilmu. jadi apapun impian dan keinginan kita sanggup kita raih kalau kita mempunyai ilmunya tentunya disertai dengan kerja keras dalam proses pembelajara tersebut.khusus untuk teman-teman sebaya, mumpung kita masih kecil masih imut-imut belum amit-amit mari kita mencari ilmu dengan mencar ilmu dan mencar ilmu biar besar nanti menjadi orang yang mempunyai kegunaan bagi bangsa, agama dan orang tua.
Dan di usia kita berbagai keuntungannya, sebagaimana dalam syair lagu yang tentunya teman-teman juga hafal

“Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas kerikil mencar ilmu setelah bagaikan mengukir di atas air. Kalau main gitar pakai akar kedongdong Kalau mau pandai mencar ilmu dulu dong. Aqulu Qouli hada, Assalamu’alaikum Wr Wb.

Advertisement

Iklan Sidebar