'/> Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu

Info Populer 2022

Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu

Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu
Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu
Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu | TradisiKita - Tari Andun yaitu tarian rakyat yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Biasanya tari andun dilakukan pada ketika pesta perkawinan yang dilakukan oleh bujang dan gadis pada malam hari. Pada artikel kali ini, Sobat Sakuilmu dibutuhkan ludang kecepeh mengenal seni tari yang berasal dari Bengkulu yang dikenal dengan sebutan TARI ANDUN.

1. Tentang Tari Andun

Tari Andun adalah termasuk tari rakyat khususnya tari pergaulan  muda mudi di Provinsi Bengkulu terutama tempat Bengkulu Selatan. Tari Andun dilakukan pada acara-acara budbahasa ibarat pesta rakyat selepas panen raya. Setelah proses panen telah selesai, masyarakat Bengkulu menyelenggarakan program budbahasa dalam rangka bersyukur atas hasil panen mereka. Dalam program inilah para cowok dan pemudi melaksanakan tari adun secara berpasangan.

Baca Juga : 5 Tari Daerah Bengkulu

2. Sejarah Tari Andun

Tidak ada catatan tertulis terhadap sejarah tari andun dari Bengkulu ini. Siapa pencipta tari andun ini, atau kapan tari andun pertama kali ditampilkan. Akan tetapi yang pasti, tari andun telah ada semenjak berlalu dan silam dan dikenal oleh masyarakat Bengkulu, khususnya Bengkulu Selatan. 

Masyarakat Bengkulu Selatan telah mengenal tari andun sebagai tari tradisional masyarakat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang mereka dapatkan. Selain itu tarian tradisi Bengkulu Selatan ini juga merupakan ajang pencarian jodoh bagi bujang dan gadis Bengkulu.

Seiring dengan perjalanan waktu, tari andun dari Bengkulu Selatan ini makin dikenal luas dikalangan masyarakat Bengkulu. Tari rakyat Bengkulu ini tidak hanya ditampilkan pada program panen raya saja, tapi juga pada program budbahasa lainnya ibarat pada pesta pernikahan, penyambutan tamu dan acara-acara besar lainnya.

3. Fungsi dan Makna Tari Andun

Tari Andun sebagai tari rakyat Bengkulu mempunyai fungsi sebagai tari pertunjukan untuk memeriahkan suatu acara. Adapun pengertian dan klarifikasi tari andun yang awalnya sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang didapat oleh rakyat Bengkulu, seiring perkembangan zaman, tari ini mulai berpengertian dan klarifikasi sebagai tari pertunjukan yang menggambarkan jiwa sosial masyarakat Bengkulu yang menjungjung rasa kebersamaan.

4. Pertunjukan Tari Andun

Tari Andun sebagai tari rakyat Bengkulu ditampilkan pada ketika upacara budbahasa dan penyambutan tamu. Tari Adun dilakukan oleh cowok dan pemudi secara berpasangan dengan jumlah pasangan diadaptasi dengan kebutuhan dan tempat yang tersedia. 

Adapun gerakan tari andun ini terbilang cukup sederhana, mengingat tarian ini yaitu merupakan tari pergaulan sehingga dibutuhkan penari pemulapun sanggup mengikuti tarian rakyat Bengkulu ini.

5. Musik Pengiring Tari Andun

Dalam pertunjukan tari Andun, para penari diiringi oleh iringan musik tradisional ibarat gong, gendang dan musik kolintang khas Provinsi Bengkulu. Untuk irama yang dimainkan dalam mengiringi Tari Andun biasanya merupakan irama bertempo cepat. Alat musik pengiring tersebut dimainkan secara apik dan padu oleh kelompok pengiring, sehingga menghasilkan alunan musik yang khas.

6. Kostum Penari pada Tari Andun

Para penari pada tarian budbahasa atau tari Andun ini menggunakan kostum yang diadaptasi dengan kebutuhan atau acara. Pada program budbahasa contohnya para penari menggunakan busana bebas namun tetap sopan. Sedangkan untuk program pertunjukan tari, para penari adun menggunakan busana tradisional khas Bengkulu.

Sebagai petidak ada yang kurang, busana budbahasa laki-laki Bengkulu pada penari adun pada bab kepala digunakan detar yang terbuat dari kain songket emas atau bisa juga dari kain songket perak, kemudian menggunakan bantalan kaki beludru yang bercorak keemasan, juga menggunakan sudang kecepelah keris serta gelang emas yang di kenakan di tangan kanan. Adapun properti yang digunakan yaitu wadah nasi yang terbuat dari bambu (tenggok) yang dicat warna sesuai tema kostum atau busana.

7. Perkembangan Tari Andun

Tari Andun masih terus dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Tari Andun masih sering ditampilkan di aneka macam program ibarat komitmen nikah adat, penyambutan tamu penting, pesta rakyat dan program budbahasa lainnya.

Selain pada program budbahasa diatas, tari andun ini juga sering ditampilkan di aneka macam program budaya ibarat pertunjukan seni, ekspo budaya, bahkan promosi pariwisata. Harapan kedepan,  tari Andun  tidak hanya dikenal oleh masyarakat Bengkulu saja, tarian ini juga akan dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di Indonesia.



 

8. Video Tari Andun



Berikut ini salah satu teladan video yang diunggah di situs youtube, Tari Andun desa Petai Kayu, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.



Demikian Sobat sakuilmu, klarifikasi mengenai tari andun, tari rakyat Bengkulu. Moga memberi manfaat.

Sumber :
Advertisement

Iklan Sidebar