'/> 34 Pakaian Budbahasa Indonesia Dari Aceh Hingga Papua

Info Populer 2022

34 Pakaian Budbahasa Indonesia Dari Aceh Hingga Papua

34 Pakaian Budbahasa Indonesia Dari Aceh Hingga Papua
34 Pakaian Budbahasa Indonesia Dari Aceh Hingga Papua
34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua | TradisiKita - Indonesia memanglah negara yang sangat kaya, mulai dari kekayaan alam hingga kekayaan budaya. Salah satu kekayaan yang berpenilaian budaya ialah Pakaian Adat nya.

Pada artikel kali ini, TradisiKita akan mengupas secara singkat daftar 34 Pakaian Adat Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. banyak sekali pakaian adab ini akan kami bahas pula dengan ludang kecepeh detil pada artikel yang berbeda.

Daftar 34 Pakaian Adat Indonesia kali ini akan kami bagi menjadi beberapa bab menurut Pulau besar di Indonesia. Pada uraian singkat mengenai 34 pakaian adab Indonesia ini akan kami tidak ada yang kurangi dengan daftar nama pakaian adat, klarifikasi singkat serta gambar pakaian adab Indonesia dimaksud.

34 Pakaian Adat Indonesia

 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua 34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua
Pakaian Adat Indonesia

1. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Aceh


Baju Adat Aceh merupakan keterangan diri masyarakat Nangroe Aceh Darussalam yang dijuluki pula dengan Serambi Mekah. Pakaian tradisional Aceh biasa disebut Ulee Balang. Pakaian tersebut biasanya dipakai oleh para raja dan keluarganya. Ulèëbalang sendiri merupakan bahasa Melayu: hulubalang ialah golongan ningrat dalam masyarakat Aceh yang memimpin sebuah kenegerian atau nanggroë, yaitu wilayah setingkat kabupaten dalam struktur pemerintahan Indonesia sekarang. Ulee balang digelari dengan gelar Teuku untuk laki-laki atau Cut untuk perempuan.


Untuk mengetahui ludang kecepeh jauh mengenai baju adab Aceh, Sobat bisa mengunjungi link ini.

2. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Sumatera Utara

Kain Ulos merupakain kain tradisional yang menjadi ciri khas Sumatera Utara. Dari kain Ulos inilah banyak sekali macam dan jenis baju adab Sumatera Utara dibuat. Tahukah Sobat bahwa setiap suku di Sumatera Utara hampir tiruana mempunyai baju adab khasnya? Untuk mengetahui banyak sekali baju adab Sumatera Utara ini, Sobat bisa mengunjungi halaman 10 baju adab Sumatera Utara 

3. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat

Pakaian Penghulu ialah baju adab bagi kaum laki-laki di Sumatera Barat. Sementara itu para perempuan Sumatera Barat memakai baju tradisional yang dinamakan Limpapeh Rumah Nan Gadang. Hmmm mengapa namanya begitu panjang ya? Penasaran ingin mengetahui klarifikasi mengenai pakaian adab dari Provinsi Sumatera Barat. Silahkan Sobat kunjungi link ini.

4. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Riau

Baju adab Riau serupa dengan baju adab melayu alasannya ialah memang masyarakat Riau yang merupakan suku adab Melayu ibarat kebanyakan masyarakat provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Adapun pakaian yang dikenal di Provinsi Riau ini antara lain Baju Monyet, Baju Cekak Musang, Teluk Belangan dan Kebaya Laboh. Untuk mengetahui baju adab Riau, Sobat bisa mengunjungi halaman 4 baju adab Provinsi Riau melalui tautan ini.


5. Pakaian Adat Kepulauan Riau

Seperti halnya Provinsi Riau, masyarakat Kepulauan Riau juga mempunyai bermacam-macam baju tradisional khas dari Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan baju adab yang sudah menjadi keterangan diri masyarakat ini berakulturasi dengan kebudayaan Cina yang sudah berbaur dengan adab istiadat melayu di Kepulauan Riau. Berikut beberapa baju adab Kepulauan Riau Baju cekak musang Baju kurung Baju kurung keke Baju gunting Cina Baju telepuk Baju teluk belanga (Baju pria). Untuk Sobat yang ingin mengetahui gosip ludang kecepeh jauh mengenai 6 baju adab Kepulauan Riau, silahkan kunjungi halaman ini.




6. Pakaian Adat Jambi

Baju kurung tanggung bersulam emas merupakan pakaian adab untuk perempuan di Provinsi Jambi. Selain itu untuk kaum laki-laki dikenal baju kurung tanggung berlengan panjang. Kedua baju adab tersebut merupakan baju adab khas Jambi yang bernuansakan melayu. Selain itu masih terdapat beberapa baju yang ludang kecepeh glamor lagi yang dikenakan oleh sepasang pengantin dari Jambi.

Untuk Sobat Tradisi yang ingin mengenal ludang kecepeh jauh wacana Baju Adat Jambi, silahkan kunjungi Link memberikankut ini.

7. Pakaian Adat Sumatera Selatan

Pakaian adab Palembang disebut dengan Aesan Gede dan Aesan Paksangko. Sesuai dengan namanya, aesan gede atau Baju Besar ialah baju / pakaian adab Palembang yang menandakan dan melambangkan kebesaran. Aesan Gede ini dipakai sebagai pakaian pengantin. Berbeda dengan Aesan Gede yang melambangkan kebesaran, aesan paksangko melambangkan keagungan masyarakat Sumatera Selatan. Pakaian adab Sumatera Selatan yang satu ini juga hanya dipakai oleh pengantin.  Sobat yang ingin mengenal pakaian adab Palembang / Sumatera Selatan, sanggup mengikuti link memberikankut.


8. Pakaian Adat Bengkulu

Baju adab bengkulu merupakan keterangan diri masyarakat Bengkulu yang bernuansakan Melayu. Baju adab yang ada di Provinsi Bengkulu mempunyai corak sulaman emas dengan mahkota emasnya. 


Masyarakat Bengkulu menyebut pakaian adab tersebut sebagai pakaian adab Melayu Bengkulu. Untuk Sobat yang ingin mengenal ludang kecepeh jauh mengenai pakaian adab Bengkulu ini silahkan kunjungi link halaman ini.

9. Pakaian Adat Provinsi Bangka Belitung

Kain Cual ialah merupakan kain khas dari Bangka Belitung. Provinsi yang memberikanbukota di Pangkal Pinang ini mempunyai unsur kebudayaan Cina dan Arab. Hal ini sanggup pula dilihat dari banyak sekali budaya yang berkembang disana, diantaranya baju adat. Baju adab Provinsi Bangka Belitung yang dibentuk dari kain cual, mempunyai bentuk yang khas yang disebut dengan Paksian


Untuk Sobat tradisi yang ingin mengenal ludang kecepeh jauh pakaian adab Bangka Belitung ini, silahkan kunjungi halaman ini tetap di blog tradisikita.my.id

10. Pakaian Adat Provinsi Lampung


Kain Tapis merupakan kain yang sungguh sangat glamor dan elegan yang menjadi ciri khas pakaian adab di Provinsi Lampung. Masyarakat Lampung mempunyai banyak sekali pakaian adab yang biasa dipakai sehari-hari maupun pada program besar ibarat pada pesta pernikahan.



Kedua mempelai yang menjadi raja dan ratu sehati didalam masyarakat Lampung memakai pakaian adab Lampung yang begitu anggun dan megah. Silahkan Sobat kunjungi halaman ini, untuk mengenal ludang kecepeh banyak mengenai pakaian adab Lampung.

Demikian Sobat Tradisi, bab pertama dari 34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh hingga Papua. Pada kesempatan ini kita gres saja mengenal banyak sekali pakaian adab Indonesia yang ada di Pulau Sumatra yang terdiri dari 10 Provinsi. Artikel ini akan kami update kedepan dengan bab 2 yang meliputi banyak sekali pakaian adab di Pulau Jawa.

Advertisement

Iklan Sidebar