'/> 10 Baju Moral Sumatera Utara

Info Populer 2022

10 Baju Moral Sumatera Utara

10 Baju Moral Sumatera Utara
10 Baju Moral Sumatera Utara
10 Baju Adat Sumatera Utara | TradisiKita.my.id - Baju Adat merupakan salah satu bentuk budaya suatu Bangsa. Indonesia merupakan negara dengan bermacam-macam suku Bangsa, oleh alhasil Bangsa kita juga kaya akan keanekaragaman baju adatnya. Eksistensi baju adat daerah bertahap tergerus oleh modernisasi. Hal ini nambak dari pudarnya pengetahuan perihal ragam baju adat daerah, sampai beberapa waktu kemudian terjadi sedikit kegaduhan atas sebuah foto yang diunggah ke akun media umum yang menggambarkan Presiden Jokowi sedang memakai pakaian adat Sumatera Utara. Pada artikel kali ini, TradisiKita akan mengajak Sobat untuk ludang keringh mengenal banyak sekali baju adat dan pakaian tradisional dari banyak sekali daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga : Alat musik tradisional Sumatera Utara



Baju Adat Sumatera Utara 

Baju atau pakaian adat Sumatera Utara ini sanggup dibilang cukup banyak. Setiap daerah di Sumatera Utara mempunyai baju adat khas tersendiri. Mari kita kenal pakaian adat Sumatera Utara tersebut satu persatu :

1. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Batak Simalungun


Suku Batak memang miliki beberapa sub yang pada umumnya diubahsuaikan dengan posisi tempat tinggal mereka. Demikian pula dengan Suku Batak Simalungun. Suku Batak Simalungun memang kebanyakan tinggal di Kabupaten Simalungun dan sekitarnya. 

Penggunaan kain ulos merupakan salah satu ciri pakaian adat Sumatera Utara. Demikian pula dengan pakaian adat Simalungun ini. Hanya saja di Simalungun kain ulos disebut dengan Kain Hiou. Pengenaan pakaian adat Batak Simalungun ini akan dikompliti dengan bermacam-macam aksesoris, contohnya epilog kepala dan kain samping. Penutup kepala yang dikenakan pria disebut Gotong, untuk wanita disebut Bulang, sementara kain sampingnya disebut Suri-suri.

Berikut gambar pakaian adat Batak Simalungun :
 Baju Adat merupakan salah satu bentuk budaya suatu Bangsa 10 Baju Adat Sumatera Utara
Baju Adat Batak Simalungun


2. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Batak Toba

Suku Batak Toba yaitu merupakan sub atau bab dari suku bangsa Batak. Suku Batak Toba mencakup Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga dan sekitarnya.

Pakaian adat Batak Toba didominasi penggunaan kain ulos. Kain ulos merupakan kain tradisional dari Sumatera Utara. Pakaian Batak Toba ini kerap dipakai kadab mengmunculi upacara atau ritual adat menyerupai kesepakatan nikah dan Pesta.

Baju Adat Batak Toba

3. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Batak Karo

Suku Batak Karo merupakan suku Batak yang tinggal di daerah Kabupaten Karo Sumatera Utara, serta sebagian di Provinsi Aceh yaitu mencakup Wilayah Kabupaten Karo, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Deli Serdang. Suku Batak Karo mempunyai bahasa tersendiri yang disebut bahasa Karo atau cakap karo.

Adapun pakaian adat suku Batak Karo dari Sumatera Utara ini didominsai oleh warna merah dan hitam dan penuh dengan perhiasan emas. Baju adat Batak Karo dari Sumatera Utara dibentuk dari Kain Uis yaitu kain tenun dari Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Baju Adat Batak Karo

4. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Batak Pakpak

Etnis Batak Pakpak merujuk pada suku Batak Pakpak yang tinggal di daerah Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi.

Baju  adat Sumatera Utara dari daerah Pakpak ini memakai kain Oles, yaitu kain tradisional daerah Pakpak dikompliti dengan banyak sekali aksesorisnya.

 Baju Adat merupakan salah satu bentuk budaya suatu Bangsa 10 Baju Adat Sumatera Utara
Baju Adat Batak PakPak Sumatera Utara

5. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Angkola

Suku Batak Angkola yaitu salah satu sub suku Batak yang ada di daerah Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Nama Angkola sendiri berasal dari nama sungkai yakni Batang Angkola (Batang =Sungai).

Seperti suku Batak lainnya di Sumatera Utara, pakaian adat Batak Angkola juga memakai kain ulos.

Pakaian Adat Batak Angkola Sumatera Utara

6. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Mandailing

Suku Adat Batak Mandailing yaitu adalah salah satu sub suku Batak yang ada di Kabupaten Mandailing Ntal, Padang Lawas dan juga terdapat di beberapa daerah di Kabupaten Tapanuli selatan.

Kebudayaan Batak Mandailing ini dipengaruhi oleh kebudayaan Minangkabau. Tidak terkeculai dengan Baju Adat Mandailing menyerupai ditunjukan pada gambar dibawah ini :
Pakaian Adat Batak Mandailing - Sumatera Utara


7. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Samosir

Suku Batak Samosir, yaitu salah satu suku Batak yang terdapat di kabupaten Samosir dan sebagian kecil kabupaten Toba Samosir yang daerahnya berada di pulau Samosir dan sekitarnya. Dahulu suku Batak Samosir ini dikelompokkan ke dalam kesatuan suku Batak Toba. Tetapi akhir-akhir beberapa diberita menyampaikan bahwa suku Batak Samosir ini merupakan suatu etnis yang berbeda dan terpisah dari suku Batak Toba. Sejak pembagian daerah HKBP wilayah suku Batak Samosir dinyatakan berbeda dengan wilayah suku Batak Toba, walau intinya mereka yaitu satu suku bangsa.

Berikut ini pola gambar pakaian adat suku Batak Samosir :

Pakaian Adat Batak Samosir

8. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Batak Sibolga


Suku Batak Sibolga yaitu suatu suku yang terdapat di sebagian besar Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya wilayah pegunungan dan sebagian kecil Kabupaten Tapanuli Utara tepatnya di Kecamatan Adiankoting. Suku ini bergotong-royong berawal dari interaksi antara suku Batak Toba, Silindung dan Humbang dengan wilayah pesisir Tapanuli untuk menukarkan hasil pertanian mereka dengan hasil bahari masyarakat Batak Pasisi. Seiring berjalannya waktu, suku ini bermigrasi ludang keringh erat ke pesisir untuk megampangkan kegiatan pertukaran hasil pertanian mereka dengan hasil laut.

 Berikut ini gambar Baju Adat Sumatera Utara khususnya pakaian adat Batak Sibolga :
Baju Adat Batak Sibolga

9. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Nias

Suku Nias yaitu kelompok masyarakat yang hidup di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara. Dalam bahasa aslinya, orang Nias menamakan diri mereka "Ono Niha" (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan pulau Nias sebagai "Tanö Niha" (Tanö = tanah).

Pakaian Adat Suku Nias dinamakan Baru Oholu  untuk pakaian pria dan Oroba Sioli untuk pakaian perempuan. Warna pakaian adat Nias Sumatera Utara ini biasanya berwarna emas atau kuning yang dipadukan dengan warna lain menyerupai hitam, merah dan putih

Berikut ini gambar pakaian adat Suku Nias Sumatera Utara

Baju adat Nias Sumatera Utara

10. Baju Adat Sumatera Utara - Pakaian Adat Melayu

Pakaian adat melayu dipakai oleh masyarakat suku Melayu yang tinggal di Sumatera Utara antara lain di Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tudang keringng Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Serdang Bedagai.


Demikian Sobat Tradisi, 10 Baju Adat Sumatera Utara yang sanggup kami informasikan untuk Sobat Tradisi tiruana. Semoga berkhasiat.

Sumber :
  • /search?q=hiou-pakaian-adat-batak-simalungun
  • /search?q=hiou-pakaian-adat-batak-simalungun 
  • /search?q=hiou-pakaian-adat-batak-simalungun 
  • http://batak-people.blogspot.co.id
Advertisement

Iklan Sidebar